Nikmatnya Nasi Jagung

Dulu waktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar, pak guru yang notabene bapak, pernah memberi pelajaran tentang makanan pokok. Entah mata pelajaran apa yang bapak sampaikan. Karena waktu itu yang teringat hanya nama-nama makanan pokok penduduk Indonesia. Salah satunya adalah makanan pokok orang Madura adalah jagung.


Setelah beberapa waktu, ternyata makanan pokok orang Madura masuk ada di ulangan. Jadi sejak itu terpikir dalam memori bahwa makanan pokok orang Madura adalah jagung.

Dengan berjalannya waktu, sampailah pada pengembaraan dimana pernah bermukim di pulau garam Madura. Jadi teringat pada pelajaran di masa SD, bahwa makanan pokok orang Madura adalah jagung. Pada kenyataannya bahwa makanan pokok yang dimakan adalah nasi. Hanya nasi tersebut dicampur dengan jagung. Jadilah nasi jagung. Jadi bukan 100 % jagung semua. Itupun tidak semua penduduk Madura yang mengkonsumsi nasi jagung.  

Bicara tentang nasi jagung, ada kesan tersendiri yang pernah dialami. Pertama makan nasi jagung terasa ada yang aneh. Tapi lama kelamaan seperti ada cita rasa tersendiri jika makan nasi jagung dengan sayur khas meronggi nya.

Seperti pada hari ini, Selasa 01 03 2022 ada yang mengantar nasi jagung khas Madura ke rumah. 

"Mau nasi jagung?" tanya istri.

"Mau... mau..."

Jadilah menu makan siang dengan nasi jagung dengan sayur meronggi (kelor) dengan lauk ikan sambal.

Serasa ada di waktu beberapa tahun silam dimana masih bermukim di pulau garam Madura...
Share:

Fans Page