This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 27 Desember 2015

Khitan Dari Sudut Pandang Agama Dan Kesehatan

Khitan pada laki-laki maupun pada wanita sudah dikenal jauh sebelum abad Masehi. Menurut Horodotus selain dari Mesir, juga Syiria dan berbagai bangsa Asia melakukan kebiasaan tersebut.

Dikalangan bangsa Arab, khitan telah menjadi tradisi sejak Nabi Ibrahim as dan Ismail as. Dengan tersebarnya Islam maka kebiasaan tersebutjuga dikukuhkan oleh ajaran Islam itu sendiri, cepat diikuti oleh bangsa-bangsa pengabut Islam lainnya.

Khitan (circumcision ) adalah memotong kulup (praeputiumglandis), supaya kepala zakar terbuka selama-lamanya. Secara klinis dapat diungkapkan, bahwa khitan sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain penis akan lebih gampang dibersihkan, dan statistik menunjukan bahwa orang yang dikhitan lebih jarang menderita kanker penis.

Hukum Khitan

Setiap muslim dan muslimah harus dikhitan, berdasarkan surah an Nahl ayat 123

(Kemudian kami wahyukan kepadamu; Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif dan bukanlah dia termasuk orang-orang musrikin)

Ayat tersebut bersifat umum. Dan menurut kaidah ushulul-fiqhi mewajibkan yang umum tetap pada keumumannya.

Ayat dan Hadits yang bersifat umum wajib menetapkannya pada keumumannya, sampai ada dalil yang membuat khusus (pengecualian)

Adapun Hadits yang berhubungan dengan khitan ini, tidak kurang dari 20 hadits jumlahnya. Dirawikan oleh Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Thabrani, Tirmizi dll

Diantaranya yang memerintahkan kepada seseorang yang baru masuk islam, sebagai berikut;

(……singkirkan darimu rambut kufur itu dan khitanlah…….) H R AbuDaud dan Ahmad 

(Khitan itu wajib bagi laki-laki dan perbuatan sangat terhormat bagi perempuan) H R Ahmad dan Abu Daud

Manfaat Khitan

Faedah dan manfaat utama khitan adalah kebersihan an kesucian. Seperti diketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

(kebersihan separuh dari iman) H R Muslim

Waktu khitan

Kalau ditinjau di Negara-negara Islam atau negara yang berpenduduk mayoritas Islam maka akan kita jumpai variasi usia khitan.

Di Arab Saudi anak-anak dikhitan antara usia 3 s.d. 7 tahun, Mesir antara 5 s.d. 6 tahun, India 5 s.d. 9 tahun, Iran biasanya pada usia 4 tahun.

Sedangkan di Indonesia yang terkenal taat agamanya anak-akak dikhitan pada usia sebelum 10 tahun, sedangkan bagi daerah daerah yang kurang taat pada agamanya anak-anak dikhitan sesudah umur 14 tahun.

Bagaimana menurut sunah Nabi ?

Menurut kitab Zadul Ma’ad, Nabi Ibrahim mengkhitan putranya yang pertama (Nabi Ismail as) pada usia 7 hari, sedangkan pada putra yang lain pada usia 13 tahun. Sedangkan Nabi Muhammad saw mengkhitankan cucunya (Hasan dan Husein) pada usia 7 hari dari kelahirannya masing-masing. 


Khitan anak Perempuan

Sedikitnya ada 4 cara pada khitan anak perempuan yaitu:
  1. Memotong sedikit kulit sebelah atas vulva (farji) 
  2. Memotong Badhr (praeputiumclitoridis, yaitu kuluit penutup kelentit 
  3. Memotong labia minora 
  4. Memotong bagian clitorisyang tampak keluar.

Namun tidak ada satu nash yang sahih yang mewajibkan secara tegas. Oleh karenanya juga tidak ada ketegasan pandangan para Imam dan ulama tentang mesti atau tidaknya khitan pada perempuan. Juga tidak ada kesepakatan tentang bagian farj yang mana yang dipotong pada khitan perempuan tesebut. 

Semoga bermanfaat (goes) 

Share:

Ternyata Berhijab Itu Menyehatkan

Memakai Hijab atau jilbab bagi muslimah merupakan pelindung kulit paling ampuh, bahkan melebihi keampuhan SPF-15. "Penelitian itu saya lakukan tahun 2001," kata Pegiat di Yayasan "Kita dan Buah Hati" dr Dewi Inong Irana, Sp.KK melalui pernyataan Humas Institut Pertanian Bogor.Menurut dokter yang sejak tahun 1983 memakai busana Muslimah secara sempurna itu, seiring dengan bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan kulit pada perempuan.
Beliau menjelaskan, perubahan kulit tersebut di antaranya kelembaban dan kolagen berkurang, kulit menjadi kering, timbul kerut dalam otot, perubahan warna dan regenerasi sel kulit melambat. "Jadi, kaum ibu juga perlu memperhatikan faktor perusak kulit yaknisinar ultra violet, rokokalk0h0l, kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya, garam,gizi tidak seimbang dan stres," katanya.
Dikemukakannya bahwa salah satu cara menjaga kulit adalah menghindari sinar matahari, mengoleskan pelembabmakan makanan gizi seimbangcukup istirahatolah raga teraturhindari stres dan rawat kulit secara teratur.

Banyak manfaat kesehatan berdasarkan beberapa penelitian ilmiah yang ada.

UDARA PANAS
Hampir sama seperti matahari, udara panas juga membawa dampak buruk bagi kesehatan, khususnya pada otak. Jadi ketika udara sedang sangat panas dan seseorang harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang bisa melindungi diri. Terutama pada bagian mata, kepala, dan leher untuk mengurangi risiko kesehatan yang menyerang otak.

RADIASI MATAHARI
Kita ketahui bersama, sinar ultraviolet matahari dinilai berbahaya jika mengenai kulit dalam waktu tertentu. Berbagai masalah kesehatan akibat sinar UV tersebut antara lain adalah kulit keriput, kerusakan mata, hingga kanker kulit.
Ahli kesehatan kemudian memperingatkan orang-orang untuk menggunakan sunblock demi melindungi kulit mereka. Namun saran terbaik sebenarnya adalah memakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Sebagai informasi tambahan, pakaian yang terang dan gelap cenderung mampu merefleksikan sinar UV daripada pakaian yang berwarna pastel.

HIGIENIS
Sementara itu, untuk pekerjaan tertentu, ada peraturan menutup kepala demi menjaga kebersihan di lingkungan pekerjaan. Misalnya perawat, pekerja di restoran cepat saji, klinik, dan yang lainnya. Penutup kepala diharapkan bisa mencegah kontaminasi dan penyebaran virus maupun infeksi.
Itulah berbagai manfaat kesehatan dari memakai hijab. Jika Anda juga salah seorang yang menggunakannya, sebaiknya jaga kesehatan rambut meskipun sepanjang hari kepala selalu tertutup dengan hijab.

UDARA DINGIN
Tubuh yang terkena suhu dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu, dan gemetaran pada tubuh. Tes kesehatan kemudian membuktikan bahwa 40-60 persen panas tubuh menurun akibat udara yang terlalu dingin. Sehinga orang-orang disarankan menutup kepala dan tubuhnya dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh tersebut.

ALLAH SWTmemerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan diperlukan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya. Diantara perintah Allah itu adalah berjilbab bagi wanita muslimah. Berikut ini beberapa manfaat berjilbab menurut Islam dan ilmu pengetahuan:
  • Selamat dari adzab Allah 
“Ada dua macam penghuni neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).
Imam An-Nawawi ra. menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.
“Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.
  • Terhindar dari pelecehan
Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,
“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari).
Jikalau wanita pada jaman Rasul merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal wanita pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana wanita pada jaman sekarang? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti dengan tingginya pelecehan di negara-negara Eropa (wanitanya tidak berjilbab).
  • Memelihara kecemburuan laki-laki
Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah SWT tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam.
Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya.” (HR. Muslim).
Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.
  • Akan seperti bidadari surga
Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56).
“Mereka laksana permata yakut dan marjan.”(QS.Ar Rahman: 5).
“Mereka laksan telur yang tersimpan rapi.”(QS.Ash Shaffaat: 49).
Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.
Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga.
  • Mencegah penyakit kanKer kulit
Kanker adalah sekumpulan penyakit yang menyebabkan sebagian sel tubuh berubah sifatnya. Kanser kulit adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.
Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanser kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV. Melindungi tubuh bukan dengan memakai kerudung gaul dan baju ketat. Kenapa? Karena hal itu percuma saja. Karena sinar UV masih bisa menembus pakaian yang ketat apalagi pakaian transparan. Berjilbab disini haruslah sesuai kriteria jilbab.
  • Memperlambat gejala penuaan
Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua orang yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain.
Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin Dyang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin. Jaringan kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.
Krim-krim pelindung kulit pun tidak mampu melindungi kulit secara total dari sinar matahari. Sehingga dianjurkan untuk melindungi tubuh dengan jilbab.
Jilbab adalah kewajiban untuk setiap muslimah. Dan jilbab pun memiliki manfaat. Ternyata tak sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawinya. Jilbab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit k4nker dan proses penuaan.
Ternyata jilbab tak sekedar membawa manfaat ukhrawi tetapi banyak juga manfaatduniawinya.
Hijab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit kanker dan proses penuaan.

Sumber: dari fan page media kesehatan
Share:

Masjid Dirusak dan Al Quran Dibakar

Sekelompok massa merusak masjid dan membakar Al Qur'an di sebuah perkampungan Arab di Prancis, Peristiwa intoleran ini terjadi bertepatan dengan perayaan Natal di Ajaccio, Kepulauan Corsica, Jumat (25/12) kemarin.

Astaghfirullah.. Masjid Dirusak dan Al Qur'an Dibakar saat Natal
Ilustrasi Al Quran Dibakar

Sebelum merusak masjid dan membakar Al Qur'an, massa yang berjumlah sekitar 150 orang terlebih dahulu melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota Ajaccio. Mereka protes karena dua petugas pemadam kebakaran dan satu polisi dikeroyok sejumlah pemuda yang diduga berasal dari distrik imigran Arab.


“Orang Arab enyah dari Prancis! Prancis rumah kami, bukan rumah kalian,” teriak para demonstran seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (26/12).

Setelah berunjuk rasa, ratusan massa merangsek ke perkampungan Arab. Salah satu masjid kecil di perkampungan itu dirusak, kacanya dipecahkan, dan pintunya dijebol.

“Ada 50 Al Qur'an dibakar dan dibuang ke jalanan,” ujar pejabat Kota Ajaccio, Francois Lalanne.

Aksi kriminal dan rasis itu mendapat kecaman dari pemerintah Prancis. Pemerintah menyayangkan aksi main hakim sendiri yang dilakukan warga Ajaccio. Padahal, pelaku pengeroyokan yang menjadi pemicu aksi, belum diketahui secara pasti.

“Perusakan ini tidak bisa diterima,” kata Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls.

Aksi Perusakan Masjid di Corsica Prancis
Aksi Perusakan Masjid di Corsica Prancis

Dihubungi secara terpisah, Dewan Perwakilan Umat Muslim Prancis (CFCM) mengaku sedih mendengar kabar perusakan masjid tersebut. Padahal, pada 24-25 Desember lalu umat muslim dan Kristen sama-sama merayakan hari yang penting.


Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve meminta polisi mengusut tuntas dan menangkap para pelaku perusakan masjid dan pembakaran Alquran.

“Kita tidak bisa membiarkan rasisme dan xenophobia terus berlanjut,” kata Cazeneuve seperti dilansir dari surat kabar Le Figaro, Ahad (27/12). ( goes )


Sumber:http://www.kabarmakkah.com/2015/12/astaghfirullah-masjid-dirusak-dan-al.html
Share:

Fans Page