This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 21 September 2015

Tempe Mendoan Atau Tempe Goreng ??

Siapa yang tidak mengenal Tempe Mendoan ? Bagi masyarakat exs Karesidenan Banyumas, tempe mendoan adalah makanan / jajanan khas yang nikmat untuk dikonsumsi sebagai makanan camilan atau sebagai teman ngopi. 


Tempe mendoan khas Banyumas biasanya terasa aroma daun pisangnya. Tempe mendoannya yang tipis-tipis itu dibungkus daun pisang dan digoreng langsung panas-panas oleh penjualnya atau para ibu rumah tangga dan disajikan langsung panas-panas…sehingga terasa aroma daun pisangnya.

Sekarang tempe mendoan sudah banyak dikenal di kota lain di Indonesia, sehingga banyak ‘plagiat’nya di Indonesia. Banyak restoran dan kafe yang menyajikan menu tempe mendoan, tapi biasanya tempe mendoan ‘palsu’ ini suka kebanyakan tepung, tebal atau dingin atau lupa akan aksen utamanya yaitu “setengah matang” sesuai namanya.

Tempe mendoan yang paling enak tetap yang dari kota lahirnya yaitu Banyumas, dan jangan lupa ciri khas tempe mendoan yaitu tipis, lebar, pucat, dan agak basah alias setengah matang alias “mendo”.

Pengertian Mendoan sendiri adalah setengah matang (mendo / mondo). Jadi mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu. 


Di kota-kota lain di luar Banyumas, mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung, atau di daerah lain disebut tempe kemul, dimana tempe yang berbentuk tipis itu hanya irisan.

Tempe mendoan Banyumas berbeda dengan mendoan dari beberapa kota, lebih terasa basah minyaknya. Tempe mendoan khas Banyumas lebih nikmat apabila di sajikan dalam keadaan hangat.

Kandungan tempe mendoan :

Tempe mendoan mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 4,89 gram, karbohidrat 16,19 gram, lemak 1,04 gram, kalsium 26 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,01 miligram. Selain itu di dalam Mendoan juga terkandung vitamin A sebanyak 9 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tempe mendoan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tempe mendoan :

Nama Bahan Makanan : Mendoan Nama Lain / Alternatif : - Banyaknya Mendoan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr Bagian Mendoan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 % Jumlah Kandungan Energi Mendoan = 92 kkal Jumlah Kandungan Protein Mendoan = 4,89 gr Jumlah Kandungan Lemak Mendoan = 1,04 gr Jumlah Kandungan Karbohidrat Mendoan = 16,19 gr Jumlah Kandungan Kalsium Mendoan = 26 mg Jumlah Kandungan Fosfor Mendoan = 47 mg Jumlah Kandungan Zat Besi Mendoan = 2,01 mg Jumlah Kandungan Vitamin A Mendoan = 9 IU Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mendoan = 0,05 mg Jumlah Kandungan Vitamin C Mendoan = 0 mg

Share:

Harga BBM Turun Rp 400 Angin Segar Untuk Warga Miskin

Sejumlah pihak terus mendesak pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar mengingat harga minyak dunia anjlok ke level US$ 40 per barel. Penurunan harga BBM tersebut dapat membantu daya beli ratusan ribu orang miskin di Indonesia. 



Kepala Kajian Kemiskinan dan Perlindungan Sosial LPEM FEUI, Teguh Dartanto mengungkapkan, penurunan harga jual BBM Rp 400 per liter dapat menyelamatkan rakyat jatuh ke jurang kemiskinan yang lebih dalam.

Untuk diketahui, harga BBM Premium Rp 7.400 per liter, sedangkan Solar dibanderol Rp 6.900 per liter dengan subsidi tetap Rp 1.000 per liter. 

Sementara angka kemiskinan naik 860 ribu penduduk menjadi 28,59 juta jiwa karena efek dari kenaikan harga jual BBM pada November 2014 lalu.

"Solusi pemerintah untuk bisa mengurangi dan membantu rakyat miskin adalah menurunkan harga BBM. Harga BBM turun Rp 400 per liter, maka 165 ribu rakyat miskin bisa terselamatkan," tegas dia saat ditemui dalam Diskusi Energi Kita di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Sayangnya, kata Teguh, pemerintah belum memberi sinyal penurunan harga jual Premium dan Solar meski harga minyak mentah jatuh. Strategi pemerintah mempertahankan harga BBM ini, menurut dia, dipertanyakan masyarakat.

"Anginnya sih pemerintah belum akan menurunkan. Tapi lebih baik diturunkan walaupun tidak terlalu besar supaya rakyat tidak bertanya-tanya, kok Pertamina tidak menurunkan harga saat harga minyak jeblok," ujar dia.

Sementara Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Destry Damayanti menyatakan, masyarakat miskin saat ini sedang kehilangan daya beli akibat pelemahan ekonomi nasional. Masyarakat menengah pun, dinilainya, cenderung memperketat pengeluarannya.

"Jika harga BBM turun, maka berdampak signifikan untuk daya beli masyarakat. Setiap 10 persen penurunan harga BBM, maka inflasi akan turun 0,5 persen-0,7 persen karena masyarakat punya daya beli yang lebih baik," tegas dia.

Menanggapi hal tersebut, Vice President PT Pertamina Wisnuntoro mengatakan, kebijakan kenaikan harga BBM Premium dan Solar merupakan wewenang pemerintah. "Kami ranahnya untuk BBM non subsidi seperti Pertamax, Pertamax Plus dan Pertalite. Pertalite saja sudah kami turunkan Rp 8.400 jadi Rp 8.300 per liter," tukas dia. (Fik/Gdn)

Sumber:http://m.liputan6.com/bisnis/read/2321934/harga-bbm-turun-rp-400-ribuan-orang-keluar-dari-kemiskinan?

Share:

Fans Page