Senin, 21 September 2015

Tempe Mendoan Atau Tempe Goreng ??

Siapa yang tidak mengenal Tempe Mendoan ? Bagi masyarakat exs Karesidenan Banyumas, tempe mendoan adalah makanan / jajanan khas yang nikmat untuk dikonsumsi sebagai makanan camilan atau sebagai teman ngopi. 


Tempe mendoan khas Banyumas biasanya terasa aroma daun pisangnya. Tempe mendoannya yang tipis-tipis itu dibungkus daun pisang dan digoreng langsung panas-panas oleh penjualnya atau para ibu rumah tangga dan disajikan langsung panas-panas…sehingga terasa aroma daun pisangnya.

Sekarang tempe mendoan sudah banyak dikenal di kota lain di Indonesia, sehingga banyak ‘plagiat’nya di Indonesia. Banyak restoran dan kafe yang menyajikan menu tempe mendoan, tapi biasanya tempe mendoan ‘palsu’ ini suka kebanyakan tepung, tebal atau dingin atau lupa akan aksen utamanya yaitu “setengah matang” sesuai namanya.

Tempe mendoan yang paling enak tetap yang dari kota lahirnya yaitu Banyumas, dan jangan lupa ciri khas tempe mendoan yaitu tipis, lebar, pucat, dan agak basah alias setengah matang alias “mendo”.

Pengertian Mendoan sendiri adalah setengah matang (mendo / mondo). Jadi mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu. 


Di kota-kota lain di luar Banyumas, mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung, atau di daerah lain disebut tempe kemul, dimana tempe yang berbentuk tipis itu hanya irisan.

Tempe mendoan Banyumas berbeda dengan mendoan dari beberapa kota, lebih terasa basah minyaknya. Tempe mendoan khas Banyumas lebih nikmat apabila di sajikan dalam keadaan hangat.

Kandungan tempe mendoan :

Tempe mendoan mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 4,89 gram, karbohidrat 16,19 gram, lemak 1,04 gram, kalsium 26 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 2,01 miligram. Selain itu di dalam Mendoan juga terkandung vitamin A sebanyak 9 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tempe mendoan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tempe mendoan :

Nama Bahan Makanan : Mendoan Nama Lain / Alternatif : - Banyaknya Mendoan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr Bagian Mendoan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 % Jumlah Kandungan Energi Mendoan = 92 kkal Jumlah Kandungan Protein Mendoan = 4,89 gr Jumlah Kandungan Lemak Mendoan = 1,04 gr Jumlah Kandungan Karbohidrat Mendoan = 16,19 gr Jumlah Kandungan Kalsium Mendoan = 26 mg Jumlah Kandungan Fosfor Mendoan = 47 mg Jumlah Kandungan Zat Besi Mendoan = 2,01 mg Jumlah Kandungan Vitamin A Mendoan = 9 IU Jumlah Kandungan Vitamin B1 Mendoan = 0,05 mg Jumlah Kandungan Vitamin C Mendoan = 0 mg

Share:

Fans Page