Rabu, 13 November 2013

Mengalihkan Halaman Error 404 Pada WordPress

Pernah buka halaman website dengan pesan ERROR 404 karena halaman yang dicari tidak ditemukan ?? atau bahkan website wordpress sobat juga mengalaminya ??

Pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana mengalihkan halaman error 404 ke halaman website tertentu .

Halaman not found 404 biasanya terjadi karena kesalahan penulisan URL baik itu saat menuliskan url di address bar browser, kesalahan penulisan link yang menuju blog / web atau karena halaman telah dihapus. 404 merupakan salah satu kode pesan galat (pesan yang ditampilkan ketika kondisi yang tidak diinginkan terjadi).

Melakukan redirect / pengalihan 404 pada website WordPress sangat mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan redirect, halaman 404 akan dialihkan ke halaman lain misalnya dialihkan ke halaman awal (home).

Terlalu banyak halaman tidak ditemukan akan mempengaruhi peringkat di mesin pencari, untuk itu google dan bing menyediakan alat untuk mengetahui jumlah eror 404, dengan menggunakan alat dari google (google webmasters) dan bing (webmasters tool) pemilik situs juga dapat menghapus halaman 404 dari indeks mesin pencari. Langsung saja, berikut cara redirect (mengalihkan) halaman 404 not found di Wordpress

  • Login ke admin area WordPress anda 
  • Pilih menu Appearance dan pilih Editor
  • Perhatikan kolom disebelah kanan, cari 404 template hapus dan ganti apa yang ada disitu yang berupa kode php.
  • Ganti dengan kode php berikut
 <?php
header( 'Location: http://domain_tujuan' ) ;
?>

Untuk mengakhiri tinggal klik update file. Dan yang perlu diperhatikan bahwa kode php yang untuk mengganti kode pha bawaan susunan harus sama persis dengan yang saya postingkan atau lebih baiknya dicopas saja. 

Karena sedikit saja salah dalam menyusun kode tersebut akan berakibat fatal yaitu fungsi php tidak akan bekerja. Maksud dari susunan adalah spasi atau yang lainnya.

Berikut keterangan gambar yang lebih lengkap dan jelas.


Eit... tunggu dulu, mungkin anda tidak yakin dengan tutorial sederhana ini, lah blog ini alirannya blogger kok ngasih tutorial WordPress.!!!!!! Jangan salah, meski blog ini dari blogger tapi tutorial diatas bisa dibuktikan kebenarannya bukan sekedar kopas.  (goes)
Share:

Fans Page